Katagori

Jumat, 16 November 2012

"HILANG SATU TUMBUH SERIBU"YA KAKI SERIBU


 Mahluk Kaki seribu atau yang dikenal dengan luing (keluing) ataupun lintibang.mempunyai Kehidupan nyata, karena mereka merupakan komponen utama perombak kayu dan dedaunan.Meskipun mereka demikian penting,namun banyak orang yang tidak mengetahui, dsini  Kami akan coba sedikit menjelaskan atau  mengidentifikasi kaki seribu menjadi mudah bagi semua orang. Bagian pertama ditujukan untuk membedakan antara kaki seribu  dengan bangsa lainnya yang juga berkaki banyak.sedangkan bagian kedua ditujukan untuk mempelajari mofologi luar dari kaki seribu.kaki seribu merupakan hewan berukuran kecil dan hidup di antara serasah atau dalam kayu yang melapuk.

                                                   Bentuk Tubuh Kaki Seribu

                                         
Kaki seribu memiliki tubuh yang terbagi atas dua bagian, kepala di sebelah depan dan bagian tubuh yang panjang dibelakangnya. Tubuhnya terdiri dari segmen-segmen tubuh berbentuk cincin  Pada hampir setiap segmen tubuh dari kaki seribu dewasa terdapat dua pasang kaki .  Tiga segmen berikutnya (segmen 2 hingga 4) mengandung sepasang kaki pada tiap segmennya. Kaki seribu yang belum dewasa sering kali mempunyai segmen terakhir yang tidak berkaki. Kaki seribu yang belum dewasa sulit sekali ditentukan jenisnya.mulut kaki seribu hanya memiliki dua pasang alat mulut, mandibula yang digunakan untuk mengunyah dan suatu keping di sebelah belakang yang disebut gnathochilarium

Organ tubuh
Organ Tömösváry: Ini adalah organ perasa yang terletak di kepala pada kebanyakan kaki seribu. Organ ini umumnya berbentuk cincin Tidak semua bangsa kaki seribu memiliki organ ini. Ozopor: Organ ini pada kebanyakan bangsa kaki seribu terdapat pada sejumlah segmen tubuh, yaitu lubang kelenjar yang menghasilkan bau tertentu. Bagian ini agak sulit untuk dilihat. Pada kebanyakan hewan, ozopore terletak di sebelah samping tubuh dan dimulai pada segmen ke enam .Pada sebagian kecil kelompok hewan ini, lubang kelenjar terdapat di sepanjang bagian tengah dorsal. Paranota: Bagian dorsal setiap segmen cincin ditutupi dengan perisai yang kerat dan disebut tergit. Pelebaran kearah samping tubuh dinamakan paranota Kebanyakan kaki seribu memiliki “bintik mata” pada daerah sisi kepala. Mata demikian dapat terdiri dari sejumlah bintik mata yang bersatu membentuk daerah penglihatan. Sejumlah kaki seribu, misalnya Polydesmida, tidak pernah memiliki bintik mata. Ciri ini digunakan beberapa kali
dalam kunci identifikasi. Kaki seribu yang hidup di dalam gua pada beberapa bangsa telah kehilangan alat penglihatan mereka, meskipun kerabatnya yang hidup di permukaan tanah
mempunyai daerah penglihatan yang terbentuk dengan baik. Oleh karena itu, kaki seribu yang hidup di dalam gua yang gelap mempunyai kemungkinan tidak teridentifikasi dengan baik.

Kaki seribu dewasa umumnya mempunyai alat kelamin yang jelas dan dapat dengtan mudah diamati di bawah mikroskop. Alat kelamin tentu terdapat pada kedua jenis kelamin, hanya lebih nyata pada hewan jantan. Kaki yang berubah menjadi alat kelamin umumnya dapat ditemukan di dua bagian, di daerah segmen cincin yang ke tujuh  atau pada bagian ujung tubuhnya, meliputi pasangan kaki yang terakhir. Pasangan kaki yang terakhir umumnya dinamakan telopod. Pasangan kaki ke tujuh yang termodifikasi kadang-kadang
tersembunyi pada suatu kantung. Pada kelompok hewan demikian hewan jantan terlihat tidak punya.Pasangan kaki ke tujuh yang mengalami modifikasi dikenal dengan gonopod. Organ ini sangat penting untuk mengidentifikasi jenis. Hewan betina mempunyai alat kelamin (kadang-kadang disebut cifopod) dapat ditemukan di sebelah belakang pasangan kaki kedua. Alat kelamin betina jarang sekali digunakan dalam mengidentifikasi jenis.

                               Pria "Set The Mood" Untuk Pasangan mereka
   

                     


Sementara itu mungkin terlalu manusia karakteristik untuk kaki seribu perempuan untuk menjadi angkuh pada Gambarn pertama dari seorang laki-laki membuat kemajuan seksual, mereka akan melakukan hal itu, melingkar seolah-olah mereka sedang diserang. Jadi laki-laki tanpa henti akan mengeluarkan semua trik untuk menarik sang betina.





                            Kaki seribu Berhubungan Seks Seperti Robot

                 



Makhluk-makhluk ini berkembang biak seperti mereka sedang melakukan transaksi bank, laki-laki membawa sperma "paket", yang transfer ke perempuan melalui alat kelamin (dan sebanyak dua penis) yang terletak di segmen ketiga. Betina menerima dan menyimpan deposito ke pori-pori, yang memiliki semacam safe-kunci tutup, yang meliputi vulva nya. Betina bisa meletakkan antara 10 dan 300 telur dalam satu sesi, dengan menggunakan sperma sebagai pupuk. Diletakkan di dalam tanah atau sarang kotoran kering, telur dapat menetas dalam hitungan minggu.


            Mereka Bukankah Lahir Dengan Semua Segmen mereka



 
Mereka sebenarnya lahir dengan hanya tiga pasang kaki dan empat "kosong" segmen, Segmen yang terus ditambah sebagai penambahan usia kaki seribu. 






                         Pertahan Diri kaki seribu

           


Kaki seribu melindungi diri dengan salah satu dari dua cara. Mereka bisa mengulung diri, membuat diri mereka terlihat seperti gulungan kayu manis. Cara lain yang mereka mengusir predator adalah dengan mengeluarkan cairan beracun, atau gas hidrogen sianida, dari pori-pori mereka. 


Mengidentifikasi kaki seribu
Apabila saudara belum pernah mengamati kaki seribu, tetapi dapat mempunyai akses sejumlah hewan sudah diidentifikasi dengan tepat. Tempatkan seekor specimen dalam cawan Petri dan terendam dalam alcohol di bawah mikroskop. Ikuti petunjuk dalam kunci identifikasi tahap demi tahap. Dengan demikian anda dapat memperoleh pengalaman dalam mengidentifikasi jenis. Apabila anda tidak berhasil mengidentifikasi dengan tepat, gunakan specimen dari kelompok yang lain. Jangan lupa bahwa identifikasi sebelumnya yang belum tepat. lebih mudah mengidentifikasi kaki seribu jantan dibandingkan dengan hewan betina dan hewan yang belum dewasa. Kaki seribu belum dewasa dapat ditentukan dari  adanya segmen cincin pada bagian ujung tubuh yang tidak berkaki. Apabila anda mempunyai sejumlah hewan yang diperkirakan merupakan jenis yang sama, gunakanlah hewan dewasa yang paling besar, dan yang segmen terakhirnya berkaki lengkap atau hampir lengkap untuk diidentifikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar